Daftar Penyakit jamur yang sering merusak Anggrek

Daftar Penyakit jamur yang sering merusak anggrek

~Pythium ultimum dan Phytophora cactorum

Daftar penyakit jamur yang sering merusak anggrek yang pertama adalah Pythium ultimum dan Phitophora cactorum.

Penyakit Busuk Hitam yang disebabkan Jamur Pythium ultimum

Kedua jamur ini termasuk penyakit yang paling merusak tanaman anggrek. Penyakit yang disebabkan jamur ini biasanya dinamai penyakit busuk hitam. Sering menyerang anggrek Cattleya, dendrobium, oncidium, phapiodilum, dan vanda. Pada musim hujan dan kelembapan tinggi, penyakit ini mudah sekali menyebar. Gejala serangan : Daun tampak berwarna hitam kecoklatan dan di sekelilingnya berwarna kuning. Anggrek akan segera mati jika serangannya cukup parah.

Busuk hitam pada cattleya

Pengendaliannya bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan fungisida. Selain itu, bisa juga menyabut anggrek yang sakit dari media tanam. lalu, membersihkan semua bagian akar dan membuang bagian tanaman anggrek yang busuk. Selanjutnua rendam akar dan bagian yang sakit dengan larutan fungisida. selain cara tersebut, penyakit ini juga bisa diatasi dengan memotong dan membuang bagian tanaman yang terserang. untuk mencegah serangan penyakit, usahakan rendam media tanam yang digunakan dengan campuran larutan pestisida.

Anggrek dalam

~ Phizoctonia solani

Selanjutnya Daftar penyakit jamur yang sering merusak adalah Phizoctonia solani seperti gambar dibawah ini.

Busuk akar yang disebabkan oleh jamur Rhizoctonia solani

Penyakit yang disebabkan Jamur ini kerap dijuluki sebagai penyakit busuk akar. Penyakit ini menyerang anggrek dari ukuran benih sampai tanaman dewasa. jenis anggrek yang umum diserang diantaranya cattleya, dendrobium, phalaenopsis paphiodelium, dan vanda. Gejala serangan : Daun menjadi warna kekuningan. Pada serangsn yang cukup parah, daun akan mengalami kerontokan, Media tanam pakis yang sudah hancur mudah sekali menjadi sumber inokulum Rhizoctonia solani. Busuk akar biasanya terjadi karena media tanam yang terlalu lembab.

Pencegahan dan pengobatan jika terkena penyakit ini

Cabut anggrek yang terserang penyakit ini dari pot. lalu, bersihkan semua akarnya dan potong bagian anggrek yang busuk. rendam dengan antibiotik, lalu olesi bagian akar dengan obat yang mengandung zat penumbuh akar.

~Fusarium oxiporum

Fusarium oxiporum,  salah satu dari Daftar penyakit jamur yang sering merusak anggrek.

Jamur yang disebabkan oleh fusarium oxisporum

Penyakit ini sering dijuluki dengan nama penyakit busuk fusarium. menyerang anggrek cattleya, dendrobium, dan phalaenopsis. penyakit ini menyerang melalui luka bekas potong. tidak lama setelah jamur menyerang, tanaman akan mengalami kemunduran pertumbuhan. Bahkan, jika tidak segera mengendalikan tanaman akan mengalami kematian. Gejala serangan: Tanaman menguning dan terkadang melintir. jika pada daun, tampak seperti keunguan.

~ Sclerotium rolfsii

Tidak kalah hebatnya, Sclerotium rolfsii masuk di Daftar penyakit jamur yang sering merusak anggrek.

Penyakit ini sering disebut dengan busuk pucuk. menyerang hampir semua jenis anggrek. Gejala serangan  : Bagian akar, umbi semu, dan pangkal daun yang terseranf akan berwarna kekuningan dan lama-lama cokelat.

~ Cescospora dendrobii

Bintik-bintik daun yang disebabkan oleh jamur cescospora dendrobii

Penyakit ini banyak menyerang anggrek dendrobium dan odontoglossum. Gejala serangan : Permukaan daun bagian bawah tampak ada bintik-bintik ini lama kelamaan akan berubah warna menjadi hitam dan serangannya menyebar ke seluruh permukaan daun. Pada serangan yang parah, daun mengalami kerontongan.

Bintik-bintik lama kelamaan menjadi menghitam dan daun akan rontok akibat jamur cescospora dendrobii

~ Cescospora odonyoglossi

Jamur cescospora odontoglossi biasanya banyak menyerang anggrek catlleya

Jenis jamur ini banyak menyerang anggrek Cattleya dan beberapa jenis oncidium. Gejala serangan : timbulnya  bintik-bintik berwarna coklat tua di bagian permukaan daun bagian bawah. Pada serangan parah, daun akan mengalami kerontokan.

 

~ Botrytis cinerea

Penyakit busuk bunga yang disebabkan oleh jamur Botrytis cinerea

Penyakit ini sering dijuluki dengan penyakit busuk bunga. menyerang anggrek Phalaenopsis, cattleya, Dendrobium, vanda , dan oncidium. Penyakit ini menjadi ancaman besar jika berada di lingkungan dengan kelembapan tinggi dan sirkulasi udara yang kurang baik. Gejala serangan : Munculnya bintik-bintik kecil berwarna cokelat bercampur jingga dibagian kelopak dan mahkota bunga.

Bunga menjadi rusak akibat jamur Botrytis cinerea

Cara pencegahan jamur Fusarium oxysporum, Scherotium rolfsii, Cescospora dendrobii, Cescospora odontoglossi, Botrytis cinerea :

Pegendaliannya bisa dengan menyemprotkan fungisida. Selain itu, bisa juga menyabut anggrek yang sakit dari media tanam. lalu, dibersihkan semua bagian akar dan membuang bagian tanaman anggrek yang busuk. selanjutnya, rendam akar dan bagian yang sakit dengan larutan fungisida. Selain itu, bisa dengan memotong dan membuang bagian tanaman yang terserang. Usahakan rendam media tanam yang akan digunakan dengan campuran larutan pestisida, untuk mencegah serangan penyakit.

 

Yuk, baca juga artikel selanjutnya : Anggrek vanda yang memukau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: