Kenali jenis hama perusak anggrek anda dan mengatasinya part 4

Kenali jenis hama perusak anggrek

~Keong

HAMA siput yang memakan tanaman

Keong menyebar di semua bagian tanaman anggrek. Umumnya, keong menyukai bagian yang tedindungi, lembap, dan banyak makanan. Keong lebih suka menyerang anggrek pada malam hari. Jika hujan datang, keong akan keluar dari persembunyiannya pada siang hari. Hama ini memakan bagian tanaman muda seperti ujung akar, daun m a, dan bagian tanaman lainnya. Pencegahan hama keong bisa dilakukan dengan meletakkan anggrek di atas rak yang bagian bawahnya telah dililitkan tali ijuk.
sehingga keong tidak bisa merayap naik ke pot. Selain itu, bisa juga dengan memberikan potongan-potongan timun Segar yang sudah diolesi obat anti keong Seperti Siputox di sekitar kaki rak atau bahkan didalam pot.

~ Belalang

Hama Belalang

Belalang merupakan serangga yang menyerang anggrelr secara berkoloni dengan memakan daun anggrek. sehingga mengganggu produktivitas anggrek. Daya serang belalang membuat anggrek cepat rusak. Bukan hanya menyerang daun
belalang juga menyerang batang dan tangkai anggrek. Pengendalian belalang bisa dengan cara mengangkat telu yang bersarang di dalam media tanam, lalu buang atau  dibakar. Selain itu, pengendalian juga bisa dilakukan dengan menyemprotkan insektisida phosdrin, diazinon, basudin, dan insektisida lainnya.

~SEMUT

Hama Semut

Gerangan semut pada anggrek menandakan adanya serangan kutu perisai atau aphid. Pada dasarnya, semut dapat mengusir nama kutu perisai. Namun di sisi-sisi lain, semut juga bisa merusak tunas muda dengan cara mengikis dan merusak akar anggrek. Serangan semut sebenarnya tidak begitu signifikan dibandingkan dengan hama anggrek lainnya. Pencegahan serangan hama semut, yaitu dengan cara menghindari pemakaian media pakis cacah di dalam pot. Disebabkan semut banyak bersarang di dasar pot menggunakan pakis sebagai rumahnya. Obat kapur semut juga bisa dipakai untuk membasmi hama ini. Selain itu, pengendalian semut juga bisa dilakukan dengan menyemprotkan insektisida racun perut. seperti Decis atau Curacron.

INI AKUN YOUTUBE KITA, semoga juga sedikit membantu teman2 ya :

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: