Kenali jenis hama perusak anggrek anda dan mengatasinya part 2

~ Kutu Putih (pseudococus sp)

KUTU PUTIH

Larva kutu putih berukuran kecil dan tergolong aktif. hama ini menyerang dengasn cara menghisap sel di jaringan tanaman. gejala yang tampak dari serangan hama ini adalah daun menguning. Serangan yang cukup parah bisa menyebabkan daun mati hingga tanaman terlihat gundul. Kutu betina bisa menghasilkan telur sekitar 300 butir yang akan menjadi larva setelah dua minggu. Kutu betina bisa menghasilkan telur sekitar 300 butir yang akan menjadi larva setelah dua minggu. Pengendalian hama ini bisa dilakukan denga cara penyemprotan penggunaan insektisida racun sistemik

Hama ini kerap menyerang jenis anggrek bulan / phaleonopsis. hama ini biasanya menyerang di sekitar titik tumbuh. Selain itu, hama ini juga menyerang anggrek dendrobium pada bagian batang, daun bagian bawah, dan akar tanaman. Sementara itu, paada anggrek cattleya, kutu putih hanya menyerang bagian batang dan daun.

~ KUTU PALATORIA  (Parlatoria Proteus)

Gejala serangan kutu parlatoria. daun anggrek tampak menguning dan munvul bercak coklat

Gejala anggrek yang terserang hama ini akan tampak daun penuh dengan kutu berwarna kuning kecoklatan. kutu ini mirip sekali dengan kotoran. daun anggrek yang terserang kutu ini akan tampak menguning dan berbecak cokelat. Pada serangan yang cukup parah, warna daun berubah menjadi hitaam dan mengakibatkan gugur daun. hama jenis ini menyerang anggrek aranthera dan arachnis. Bentuk kutu ini agak lonjong dan memiliki perisai yang sulit ditembus oleh pestisida. perkembangan hama ini termasuk cepat, terutama pada musim kemarau.

Saat hujan deras, larva kutu dapat terbasuh dan berjatuhan dari permukaan daun yang pada akhirnya mengalami kematian. berdasarkan fenomena tersebut, beberapa pembudidaya mengadopsinya sebagai alternatif pengendalian secara mekanik yaitu dengan cara menyemprotkan air pada bagian anggrek yanf terserang hama ini. sementara itu, pengendalian secara kimiawi bisa dilakukan dengan menyemprotkan insectisida racun sistemik.

INI AKUN YOUTUBE KITA, semoga juga sedikit membantu teman2 ya :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: