Kenali jenis hama perusak anggrek anda dan mengatasinya Part 1

~ KUTU PERISAI (Chrysomphalus Tingi)

Kutu Perisai

Kutu ini berbentuk bulat dan berperisai. telur yang dihasilkan kutu betina dibawah perisainya. setelah telur menetas, larva akan keluar dari bawah perisai secara bertahap. kutu ini menyerang dengan cara menghisap jaringan tanaman. Umumnya, hama ini menyerang anggrek cattleya. Anggrek yang terserang bulbnya tampak menguning. pada tingkat serangan yang cukup parah, daun berwarna kecoklatan, kering dan gugur. Pengendalian hama ini bisa dilakukan dengan menyemprotkan insektisida racun sistemik.

~ TUNGAU

Tungau pada tanaman

Tungau terbagi 2 macam, yaitu tungau merah (Tenmpalpus pacificus) dan tungau jingga (Dolichotetranchus vandergootl). Tungau merah bisa ditemukan di permukaan daun bagian bawah. Daun yang terserang hama ini akan nampak garis-garis putih keperakan. Hama menyerang dengan cara mengisap hingga daun menjadi berbintik-bintik kuning. Pada tingkat serangan yang cukup parah, bintik ini berubah menjadi cokelat. Akibatnya, daun mengering dan gugur.

Adapun tungau jingga banyak menyerang pada bagian ketiak daun, diantara pelepah dan batang. Serangan tungau jingga menyebabkan pelepah anggrek bagian atas dan pangkal helai daun bercak hitam. Umumnya, kedua jenis tungau ini berkembang biak cukup banyak pada musim kemarau. Karena pada musim hujan, larva akan mudah sekali terbasuh oleh air hujan ketika berada di permukaan daun bagian atas. Pengendalian hama ini bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan akarisida (pestisida khusus bunga)

INI AKUN YOUTUBE KITA, semoga juga sedikit membantu teman2 ya :

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: