Kenali jenis hama perusak anggrek anda dan mengatasinya part 3

Kenali jenis hama perusak anggrek anda dan mengatasinya part 3

~ THRIPS

Thrips

Hama ini memiliki warna abu-abu, cokelat, dan kehitaman. Thrips banyak ditemukan bergerombol di lekukan-lekukan tanaman. Hama ini menyerang dengan cara mengisap cairan sel tanaman. Selain itu, thrips juga berperan sebagai vektor (pembawa) bakteri, jamur, dan virus Lokasi serangan favoritnya adalah bagian bunga atau kuncup bunga. Serangan thrips akan membuat bunga anggrek tidak bisa mekar dengan sempurna.

Lama kelamaan warna bunga menjadi cokelat. sehingga penampilannya tidak menarik lagi. Pada tingkat serangan yang lebih parah. kuncup akan menguning dan rontok. Kutu thrips bisa menghasilkan 25-30 butir telur. Dalam kurun waktu 2-3 minggu teiurnya menetas. Setelah itu. telur yang teiah menetas membutuhkan waktu berkisar 2-4 minggu untuk menjadi kutu dewasa. Pengendalian thrips bisa dilakukan dengan menyemprotkan insektisida racun sistemik. sementara itu. untuk pencegahan serangan hama thrips bisa dilakukan dengan cara menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tanaman.

~ Aphid


Aphid merupakan serangga kecil yang hidup berkelompok dan suka berpindah-pindah dari satu tanaman ke tanaman lain. Ukuran serangga ini berkisar 1-6 mm. Aphid muda berwarna hijau, tetapi ketika dewasa berubah warnanya menjadi kehitaman. Hama ini merusak tanaman dengan mengisap cairan sel tanaman, hingga tanaman menjadi lemah dan kerdil. Aphid suka mengeluarkan cairan manis (honeydew) yang bisa mendatangkan semut dan merangsang tumbuhnya cendawan hitam. Serangan hama ini membuat kuncup bunga anggrek tidak mekar dan pertumbuhannya terganggu. Pengendalian hama aphid bisa dilakukan dengan cara membersihkan daun yang terdapat cendawan menggunakan air deterjen. Sementara itu Untuk membasmi serangan hama ini bisa dilakukan dengan menyemprotkan insektisida racun sistemik.

 

INI AKUN YOUTUBE KITA, semoga juga sedikit membantu teman2 ya :

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: